31 Agustus 2008

iseng nulis

ceritanya pas di waung pecel lele deket kampus,
ada seorang temen yang duduk di samping ku....
dia bercerita tentang keinginan nya, mimpi mimpi nya
aku hanya bisa mendengarkan waktu itu
di akhir akhir masa kuliah yang menjenuhkan, dia ingin sekali lulus dari kuliah nya
katanya dia akan merasa bahagia kalo misalnya dia bisa secepatnya lulus
begitu senengnya.....
dua bulan berlalu, setelah melewati proses kelulusan yang melelahkan akhirnya temenku tuh lulus, dengan nilai yang memuaskan...
masih dengan posisi yang sama seperti dua bulan lalu, disampingku
meskipun gak di warung pecel lele lagi, tapi di tempat tunggu ruang sidang.
tampak aura kebahagiaan di wajahnya, mungkin kalo bisa di bilang hari itu adalah hari terindah buatnya....
setelah malam berganti, keesokan harinya
di ruang tunggu sebuah warnet, dia berkeluh kesah lagi.... dengan pancaran wajah yang berubah 180 derajat dari hari kemaren
"ih... gak enak ya nganggur...., pengen cepet kerja....."
aku cuma bisa mendengarkan dan tersenyum
"kalo dah kerja kan enak" katanya
"gak ada beban lagi...... gak ada pikiran lagi, bisa seneng, bahagia....."
lagi lagi cuma bisa aku dengarkan
sebulan dua bulan waktu dah berlalu, dia masih menganggur belum mendapatkan pekerjaan. setiap ketemu aku selalu dia ngomong kata kata yang sama,
"kapan dapet kerja....."
lagi lagi aku cuma bisa diam, gak bisa menjawabnya
beberapa hari setelah itu dia dapat panggilan dari perusahaan, diterima kerja di jakarta.
setelah itu aku jarang lagi bertemu dengan nya..... mungkin dia sudah menemukan kebahagiaan nya
beberapa bulan kemudian dia maen ke bandung, ketemu lagi dengan ku,
lagi lagi di berkeluh kesah..
"gak enak ya kerja... capek...., gaji kecil, kerjaan banyak.... gak bisa santai lagi "
hmmmm lagi lagi aku cuma bisa diam, cuma ngasih senyum buat dia...
lalu dia melihat2 sebuah majalah komputer di meja di sebuah ruang tunggu warnet
yang menampilkan daftar2 iklan produk2 PDA.
"ihh.... berapa ya PDA yang kayak gini, aku pengen.... " katanya
lalu ingatanku kembali ke beberapa bulan yang lalu, ketika dia masih berjuang dengan tugas akhirnya, karena keterbatasan waktu dia tidak bisa membuat itu sendiri,
dia meminta bantuan ke temen ku, tentunya dengan imbalan.nah mungkin karena dia kesulitan dengan masalah keuangan,dia tawarkan handphone nya kepadaku
"ber, aku lagi butuh duit, kamu mau gak beli HP ini.... tolongin deh, buat bayar temenmu"
karena waktu itu aku masih gak butuh dengan yang namanya HP, aku menolaknya
tapi aku menawarkan pinjeman duit aja buat dia.
"aku lagi gak butuh HP, tapi aku ada duit neh kamu pake aja dulu gimana, ntar kalo ada duit kamu balikin "
dia menolak, mintanya aku beli tuh HP, tapi aku jg nolak...
kembali ke waktu dia nanya harga PDA itu, aku cuma bisa bilang "ngapain beli gituan, emang kamu lagi butuh PDA ya? buat apa? kenapa gak buat yang laen? katanya duit hasil kerja dikit.. kenapa gak ditabung aja..."
dia jawab
"lho..... kalo emang membutuhkan PDA, ya apa salahnya?"
"oh ya udah... aku sih gak tau harga kayak gitu, lagian aku gak ada duit ngapain liat2 harga PDA, cuma bikin ngiler aja.....".

dari situ aku aku banyak belajar....
kadang apa yang kita pikirkan tentang rasa senang setelah melewati satu titik target itu tidak seperti yang kita bayangkan.
sebelum lulus dia pengen lulus, dan rasanya kalo dah lulus itu hari hari akan menjadi ceria, kalo di sinetron2 indosiar tuh mungkin adegan nya menyanyi di tempat yang penuh bunga2, lari2 kayak film india..... hehehehe
tapi ternyata..... itu tidak berlangsung lama, lalu datang lagi sebuah keinginan, lalu ada lagi sebuah target.... pengen kerja.... setelah kerja mungkin yang dipikirkan tuh sesuatu yang indah, ceria.... tapi lagi2 terulang.....
dan satu lagi, kalo kebahagiaan itu diukur dari kepuasan akan terpenuhinya kebutuhan akan gaya hidup.selama hidup kamu gak bakalan bahagia
karena ketika kita berada pada suatu titik garis sosial, mau gak mau pasti akan terbawa dengan gaya hidup garis sosial yang ada disitu....

dan cerita temen ku itu yang selalu muncul ketika aku merasa menjadi orang yang gak beruntung di dunia. merasa "kenapa ya? teman2 ku bisa begitu sedangkan aku tidak".
ketika masa masa itu muncul lagi di kenangan kepalaku. aku selalu tersenyum sendiri
seolah olah seperti ada rem pakem yang menghentikan sebuah impian yang membuat ku terobsesi dengan sesuatu. "aku adalah aku, bukan dia, bukan kamu, bukan mereka
aku adalah aktor utama dalam film ku sendiri, melihat film orang lain hanya bikin kita ingin menjadi sebuah peran di film itu....".

beberapa tahun, ada temen kerja ku yang mengeluh
"wah temen ku kerja di persh XXX gajinya udah sekian.... udah sukses..... aku gajinya masih segini2 aja... ". katanya
nah pas itu aku sudah punya jawaban nya
"kamu yakin dia lebih bahagia hidupnya dari kamu???"

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda